Program UKGS sangat penting untuk di terapkan

Program UKGS di Indonesia telah dilaksanakan sejak tahun 1951,tetapi belum berjalan sempurna. Kesehatan gigi murid sekolah dasar hingga saat ini belum maksimal.Selain itu ada faktor lain yang menghambat perkembangan UKGS di sekolah, yaitu permasalahan kejenuhan dan pesimis atas program UKGS dari tenaga kesehatan dan pihak sekolah. Sebagai wujud tindak lanjut dari upaya perbaikan yang akan dilakukan, program UKGS Inovatif yang berorientasi pada kegiatan preventif dengan menggunakan 2 (dua) prinsip tahap pencegahan, yaitu:
  1. Tindakan Promotif yang dalam pelaksanaannya terdiri atas dua yakni promotif yang bersifat massal dan promotif yang bersifat individual.
  2. Tindakan protektif, berupa surface protection dan tindakan awal mengatasi karies dengan teknik ART (Atraumatic Restorative Treatment) yaitu upaya tepat guna yang tidak memerlukan sarana prasarana metode dan tenaga yang kompleks
  3. Imunisasi Gigi
  4. sosialisasi irene donuts

Salah satu cara atau upaya yang dilakukan adalah jurusan JKG Poltekkes Semarang mempunyai beberapa sekolah binaan agar membantu program pemerintah meningkatkan derajat kesehatan gigi.sehingga  demi untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi anak indonesia program ini sangat bagus untuk di jalankan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanda-tanda vital

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Gigi Puskesmas Abeli